Sabtu, 07 Juli 2012

Cara Mudah Menambah Font Unik di Blackberry

Font BlackBerry dapat diganti / ditambahkan dengan berbagai macam font lain supaya BB menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya, dengan cara yang mudah.
Semua font baik dari komputer atau hasil download dari internet dapat dipakai untuk semua tipe BlackBerry baru dan lama (OS4, OS5, OS6, dan OS7). Namun yang perlu pembaca ingat sebelum menambah font ke BB, extensi file harus dirubah dahulu dari .ttf menjadi .font supaya bisa dipakai.
  1. Install File Manager Pro atau aplikasi lain yang sejenis. Intinya, diperlukan aplikasi 3rd party untuk membuka file yang disembunyikan (hidden file) pada device. Setelah selesai instalasi, lakukan restart lalu buka app tsb. Tekan Menu Key (tombol dgn logo BB) pilih Options. Pada field 'Show Hidden' pilih Yes. Tekan Menu Key, pilih Save kemudian tutup app. 
  2. Download font BlackBerry yang ingin anda tambahkan ke BB, baik dari komputer atau dari link download dan taruh di SD Card. (Pastikan extensi file sudah dirubah dari .ttf menjadi .font)Saran : Pilih font yang dpt dilihat dgn jelas & sesuai dgn ukuran default BB (ukuran default Font Size : 8). Tentunya hal ini dpt anda lakukan setelah menyelesaikan langkah 1-5. Contoh jenis font yang sesuai ukuran default BB : Level Right, Lithe ExtraBold, Larabiefont Bold.Catatan : Perhatikan ukuran file yg di-download. Semakin kecil ukurannya (< 100 KB), semakin baik. Dan tidak semua jenis font dapat digunakan pada BB 
  3. Masuk File Manager Pro, masuk ke Device Memory > appdata > rim > akan tampak 2 folder yaitu bda dan media. Sampai di sini, bikin folder baru dgn cara tekan Menu Key, pilih New Folder. Ketik nama folder : fonts lalu OK.Catatan : Jangan sampai salah ketik ketika membuat nama folder. 
  4. Masuk folder yg baru anda bikin (yakni folder dgn nama : fonts). Selanjutnya, lakukan Rename atau merubah nama extensi file dari .ttf menjadi .font dgn cara tekan Menu Key, pilih Rename.Contoh : nama font yg anda download adalah Typo.ttf Ubah nama tsb menjadi : Typo.font. Setelah selesai, tutup App File Manager Pro lakukan Soft Reset atau Hard Reset / Cabut Batere.
  5. Mengganti jenis font.Font Type BB akan berubah sesuai dgn font yang telah dipilih. 
  6.  Membuang font pilihan. Font yang anda pilih, bisa saja tampak kurang memuaskan setelah diterapkan dlm Handheld. Anda bisa membuang font tsb. Namun sebelumnya, anda harus mengganti font yang sdg digunakan, dgn jenis font yang lain. Setlh selesai mengganti jenis font, lakukan Restart/Soft Reset kemudian delete font yang ada pada folder fonts.Catatan : Hati2 pada saat anda membuka Hidden File. Jgn smp terjadi kesalahan spt menghapus file/folder asli dll. Tidak disarankan membuang font asli dari BB dgn alasan apapun, tidak disarankan menyimpan byk font pilihan, mengingat memory yang digunakan adalah Phone Memory.

    Cara ini sdh diterapkan & berhasil pada Official OS BB tipe 8520, 9300, 9700, 9780, 9800. Seharusnya dpt diterapkan pada BB tipe lain.

    Sumber : Dari berbagai thread Forum BlackBerry yang dirangkum

Tidak ada komentar: